Rabu, 29 Oktober 2014

Kiat Mengatasi Kejenuhan

Pada kali ini saya akan membahas mengenai kiat mengatasi kejenuhan…

Sebelumnya.. kita harus tau dulu ya, apa sih jenuh itu ?

Menurut saya, jenuh adalah rasa bosan atau lelah melakukan suatu aktivitas yang cenderung monoton sehingga sedikit demi sedikit mengurangi motivasi pada diri kita. Selain karena melakukan pekerjaan monoton, jenuh juga dapat timbul karena sebuah rasa kecewa.

Dengan bertambahnya umur, setiap orang orang memiliki caranya masing masing untuk mengatasi kejenuhan, di saat kita masih anak-anak , mengatasi kejenuhan dapat dilakukan hanya dengan bermain di rumah dengan berbagai mainan, saat kita mulai beranjak remaja, mengatasi kejenuhan biasa dilakukan dengan pergi keluar, misal ke mall atau tempat wisata lainnya bersama teman teman.

Namun bagaimana cara kita mengatasi kejenuhan pada kondisi yang tidak kita inginkan ?
Sebagai contoh , ketika saya sedang melakukan Penulisan Ilmiah sebagai syarat kelulusan saya , terkadang saya merasa jenuh hanya berkutik dengan Microsoft word, yang terlihat hanyalah tulisan, tidak ada gambar atau apapun yang menyenangkan. Kemudian saya mengatasi kejenuhan itu dengan cara mendengarkan musik yang saya suka, terkadang di sela penulisan saya itu saya bermain game, mengolah gambar atau menonton video video lucu di youtube. Setelah rasa jenuh itu hilang saya melanjutkan kembali mengerjakan penulisan saya.

Contoh lainnya saya jenuh ketika sedang belajar di dalam kelas, terkadang mendengarkan dosen memberikan materi membuat saya jenuh, sebenarnya saya lebih menyukai praktik lansung di bandingkan dengan teori, karena menurut saya teori mudah hilang dalam ingatan apalagi jika dijelaskan dengan bahasa yang baku, selain itu saya kurang mengerti berbagai fungsi yang di bahas oleh dosen tersebut, sedangkan jika melakukan praktik, saya jadi mengetahui berbagai fungsi tersebut dan lebih mudah untuk saya mengingatnya. Kiat yang saya lakukan untuk mengatasi kejenuhan di sela waktu belajar yaitu dengan mengobrol dengan teman, atau menggambar pada buku catatan saya, bukan contoh yang baik ya... kalian harus tetap perhatikan dosen :p


Jadi intinya bagaimana cara untuk mengatasi kejenuhan yaitu dengan melakukan hal hal yang kalian sukai, seperti mendengarkan musik, menggambar, mengobrol dengan teman, dll.Sekian cerita saya dalam mengatasi kejenuhan pada diri saya semoga dapat menginspirasi :*